Wednesday, October 17, 2007

Bahasa Inggeris

Khamis, 18 Oktober 2007, hari ke-6 lebaran. Pulang dari masjid untuk solat subuh, aku ngap roti canai celup dalam kari ayam bini aku masak tadi malam. Wuaduh! Enak banget tu kari ayam mati! Ya pastinya mati tu ayam kan? Kalo idup gimana mau dimakan? Manusia aneh saja yang makan ayam idup! Tambah enak sambil minum kopi gobres! Itu .. kopi itam kental dan manis! Memang best .. kayak espresso di San Francisco Coffee!! Sebelum aku teruskan coretan ini, kalian di Malaysia jangan marah karna bahasa aku persis bahasa Indonesia. Yang di Indonesia jangan marah karna bahasa aku "campursari" dengan bahasa Malaysia. Sebabnya .. aku Jawa Malaysia!! Ndak apa-apa kan?

Sambil sarapan aku baca berita terkini. Kasian aku terbaca berita orang berenti jadi orang gara-gara mobilnya tabrakan sama pohon. Sambil kasian itu aku lagi senyum. Kalian pasti heran kenapa sih aku bisa senyum baca berita orang kecelakaan di jalan. Aku senyum gara-gara bahasa Inggeris yang digunakan untuk menyiarkan berita tersebut. Sebahagian berita itu gini ditulis, "The police and ambulance came shortly after, but it was learnt the victim succumbed to serious head injuries, believed on the head". Nah kalo sudah "head injuries" untuk apa lagi mau dibilang "believed on the head"? Tentu saja "head injuries" itu dialami di kepala!! Masa di lutut? Apa bisa kalo ditulis begini .. "The victim succumbed to serious head injuries believed on the knee"? Terjemahan: Mangsa tewas akibat kecederaan kepala yang serius di lututnya! Waaa .. gimana itu ya? Aku ndak pernah sekolah di Amerika atau London .. tapi aku rasa gila tu bahasa Inggerisnya!!

Gimana pula dengan bahasa Melayu ya? Orang sering bilang, "yuh kita naik ke atas". Ataupun .. "Dia sedang turun ke bawah". Nah kalo naik sudah pasti ke atas kan? Kalo turun ya mestinya ke bawah. Belum pernah dong aku nengok orang naik ke bawah atau turun ke atas!! Hehehehehe!! Afa fendafat kalian?

2 comments:

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Bro...komennya kenapa di removed kan... biarin aja... gue suke banget baca tulisan pak mur & komen orang